photo credit by @fuaddhenim

Dibalik cerita sejarah dan kebudayaan yang sarat akan nilai, siapa sangka ternyata Pulau Hiri menyimpan potensi alam yang luar biasa. Pulau kecil yang terletak di Provinsi Maluku Utara dan masuk ke dalam wilayah administratif Kota Ternate ini memiliki beberapa destinasi wisata mulai dari pantai, spot diving, sampai pendakian gunung. Dan salah satu yang sedang hits belakangan ini adalah Pantai Tomajiko, yang terkenal dengan gerbang emasnya; gurabala.

Gurabala merupakan sebuah bongkahan batuan yang berdiri gagah di pesisir Pantai Tomajiko, sebelah utara Pulau Hiri. Bentuknya yang menyerupai gerbang besar dengan lubang menganga di bagian tengah membuat masyarakat sekitar menjulukinya sebagai gerbang batu. Konon katanya, sebelum berwujud gerbang seperti sekarang, dulunya gurabala menyatu dengan bibir pantai. Pengikisan oleh air lautlah yang menyebabkannya bergeser dan terpisah dari tebing asal.

photo credit by @ulbachdar

Perjalanan menuju Hiri dapat ditempuh dengan menyeberangi lautan menggunakan kapal kayu dari Ternate, pulau terdekat Hiri. Tepatnya di pelabuhan Desa Sulamadaha, sekitar 12 km dari pusat Kota Ternate. Biaya yang dikeluarkan untuk sekali menyeberang terbilang sangat murah, satu orang cukup membayar dengan selembar uang 5000 rupiah. Dan waktu yang dibutuhkan hanya sekitar 15 menit.

Sesampainya di Pulau Hiri, ada 2 jenis transportasi yang biasa digunakan para wisatawan untuk berkunjung ke Pantai Tomajiko, yaitu mobil (angkutan umum) dan motor (disewakan). Apabila anda datang bersama keluarga atau rombongan lebih dari 4 orang, anda bisa menyewa angkutan umum untuk antar-jemput dari pelabuhan ke Pantai Tomajiko. Tarifnya sekitar 150.000/unit PP. Tapi jika anda hanya berdua atau bahkan sendirian saja, anda dapat memilih untuk menyewa motor dengan tarif 30.000/unit. Lalu anda bebas menjelajah jalanan Pulau Hiri dengan pemandangan indah di kanan-kiri. Anda juga bisa memilih untuk naik angkutan umum yang tetap beroperasi tanpa harus menyewa, tarifnya tentu akan jauh lebih murah. Namun anda perlu memikirkan berapa lama anda akan berada di pantai, pulang jam berapa, sebab angkutan umum memiliki jam operasinya sendiri, dengan jumlah yang terbatas.

Bagi wisatawan yang ingin menikmati malam di gurabala, diperkenankan mendirikan tenda di sekitar pantai. Perlu diketahui bahwa gurabala atau Pantai Tomajiko sering dijadikan sebagai tempat untuk kegiatan camp bersama yang biasanya digagas oleh Forum Pemuda Pulai Hiri. Di sekitar daerah wisata juga banyak terdapat warung makan dan homestay bagi yang ingin tinggal sementara waktu. Tampaknya masyarakat Pulau Hiri makin menyadari pentingnya mengelola fasilitas publik untuk kemajuan pariwisata.

photo credit by @ulbachdar

Lalu apa yang bisa didapatkan di Pantai Tomajiko?

Beberapa wisatawan yang berkunjung ke sana mungkin hanya terpikat pada gerbang batu berwarna coklat keemasan yang berdiri megah di atas ombak. Sehingga mereka hanya berburu foto gurabala dari sudut terbaik. Tapi sebenarnya bukan hanya itu. Selain gurabala yang eksotis, Pantai Tomajiko juga memiliki destinasi wisata bahari yang lain, seperti area berenang, memancing, dan snorkling. Dan puncak kenikmatan dari seluruh kegiatan yang bisa dilakukan di sana adalah; sunset. Ya, Pantai Tomajiko merupakan salah satu spot terbaik untuk menikmati sunset di Pulau Hiri. Anda bisa bayangkan, bagaimana indahnya memandangi kilauan sinar matahari senja dengan siluet gurabala di depan mata. Mungkin sambil ditemani alunan musik, atau seseorang yang menyenderkan kepalanya di pundak anda.

Selamat berwisata!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *